Rabu, Juni 17, 2009

Hendri Saparini, Ph.D : Boediono Arsitek Kehancuran Ekonomi Indonesia

Sejak terlibat dalam pengucuran dana BLBI yang kontroversial sebesar Rp 150 triliun tahun 1998 lalu (sekarang menjadi Rp 700 triliun), boleh dikatakan Boediono telah menjadi salah seorang tokoh penghancur ekonomi rakyat Indonesia. Namun anehnya, tokoh semacam Boediono seorang ekonom neoliberal fanatik, malah diberi kesempatan Presiden SBY untuk mengelola perekonomian nasional dengan menjadi Menko Perekonomian dan Gubernur Bank Indonesia. Bahkan sekarang SBY memilihnya sebagai cawapres untuk mendampinginya. Tidak dapat dibayangkan nasib ekonomi rakyat Indonesia jika SBY-Boediono memimpin negara ini lima tahun kedepan.

Berikut ini wawancara Abdul Halim dari Tabloid Suara Islam dengan Direktur Econit, Dr Hendri Saparini, seputar tanggungjawab cawapres Boediono dalam menghancurkan ekonomi Indonesia, dimana saat ini sudah harus menanggung utang luar negeri sebesar Rp 1667 triliun atau naik Rp 445 triliun selama hampir 5 tahun pemerintahan SBY. Dengan demikian, setiap rakyat Indonesia harus menanggung utang Rp 8 juta termasuk anak yang baru lahir sekalipun, sementara kemiskinan dan pengangguran semakin menghawatirkan.

Mengapa ekonomi neoliberal tidak tepat untuk mengelola ekonomi Indonesia ?

Kebijakan ekonomi neoliberal didasarkan pada paket kebijakan Washington Consensus yang dimaksudkan untuk menguasai perekonomian negara berkembang termasuk Indonesia. Paket kebijakan Washington Consensus meliputi:
Pertama, pengurangan subsidi pemerintah kepada rakyat, sehingga menghapuskan kebijakan subsidi seperti subsidi BBM, kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

Kedua, liberalisasi sektor keuangan, industri dan perdagangan. Hal itu merupakan intervensi negara maju terhadap negara berkembang. Sebagai dampaknya adalah masuknya retail raksasa seperti Carefour dan Wall Mart ke pasaran retail Indonesia sehingga menggeser perdagangan tradisionil dan membunuh usaha kecil dan mikro. Rakyat tidak mengetahui kalau tiba-tiba usaha kecilnya gulung tikar. Padahal itu disebabkan masuknya retail raksasa sebagai dampak dari kebijakan ekonomi neoliberal.

Padahal Carefour dan Wall Mart di Eropa dan AS hanya boleh berlokasi di pinggiran kota, sehingga tidak mematikan usaha kecil dan mikro. Bukan di dalam kota seperti Indonesia yang akhirnya membangkrutkan pasar tradisionil. Selain itu market share (bagian pasarnya) juga dibatasi. Kalau di Jepang market sharenya maksimal 1 persen, Korsel 3 persen, sedangkan Indonesia bisa mencapai 11 persen, sehingga perlu adanya perubahan UU.

Ketiga, privatisasi, seperti penjualan BUMN dan berbagai aset strategis milik pemerintah kepada swasta. AS, World Bank dan IMF selalu mendorong pemerintah Indonesia agar menjual BUMN dengan dalih tidak efisien dan menjadi sarang koruptor. Padahal kalau menjadi sarang koruptor, bukan berarti solusinya harus dijual kepada asing. Pihak asing berharap akan membeli dan akhirnya menguasainya.

Negara tetangga seperti Singapura, 75 persen kegiatan ekonominya dikuasai BUMN seperti Singapore Airlines dan Tamasek Holding. Bahkan negara-negara di Asia tidak ada yang menerapkan ekonomi neoliberal dengan privatisasi. Saya kira masyarakat Indonesia dengan tegas menolak kebijakan neoliberal. Jadi bukan karena sosok Boediono, tetapi kebijakan ekonomi neoliberal yang selama ini dijalankan Boediono yang membuka pasar bagi retail asing sehingga membangkrutkan pengusaha kecil dan mikro.

Selain itu Boediono juga harus bertanggungjawab atas beban utang luar negeri yang mencapai Rp 1667 triliun. Sehingga anggaran pemerintah untuk membayar utang jauh lebih besar daripada untuk pembangunan jembatan, rumah sakit, jalan raya dan sebagainya. Memang secara pribadi Boediono santun, tetapi tidak santun secara politik dan kebijakan ekonomi sehingga merugikan masyarakat luas.

Apakah Washington Consensus merupakan konspirasi Yahudi internasional untuk menguasai dunia ?

IMF dan World Bank, pemegang saham terbesarnya adalah negara-negara maju seperti AS. Padahal AS mengusung kepentingan kelompok Yahudi dunia. Upaya untuk menguasai perekonomian dunia dilakukan secara bersama-sama oleh AS dan didukung lembaga keuangan internasional seperti IMF dan World Bank.

Jika terpilih kembali, apakah SBY-Boediono akan melanjutkan paradigma ekonomi liberal ?

Pasangan yang mudah diprediksi arah ekonominya adalah pasangan SBY Boediono. Sejak masa kampanye legislatif partai Demokrat yang identik dengan SBY bahkan sangat terkenal dengan kampanye ‘lanjutkan’. Dipastikan SBY akan melanjutkan paradigma ekonomi liberal saat ini yang diklaim telah memberikan kinerja yang baik. Apalagi dengan pilihnya Gubernur Bank Indonesia Boediono sebagai cawapresnya. Warna kebijakan ekonomi Boediono sudah sangat jelas, yakni liberal dan sejalan dengan model konservatif IMF/Bank Dunia.

Mengapa anda berani mengatakan kebijakan ekonomi SBY-Boediono jika terpilih dapat dipastikan neoliberal ?

Pada era pemerintah Megawati, Boediono tanpa banyak pemberitaan, telah memperpanjang kontrak Indonesia dengan IMF. Meskipun Sidang Umum MPR mengamanatkan pemerintah untuk mengakhiri kontrak dengan IMF pada tahun 2003, Boediono sebagai Menteri Keuangan mengusulkan untuk memperpanjang kontrak lewat Post Program Monitoring (PPM). Lahirnya berbagai undang-undang yang liberal dan kebijakan menjual berbagai BUMN strategis juga terjadi saat Boediono menjabat sebagai Menteri Keuangan pemerintahan Megawati.

Tidak heran bila liberalisasi ekonomi baik di sektor perdagangan, industri maupun investasi terus berlanjut hingga masa pemerintahan SBY. Pembukaan ekspor rotan, pupuk dan lain-lain semakin kencang terjadi para era ini. Disiplin anggaran, sebagai kebijakan pendamping liberalisasi, juga semakin tegas saat Boediono menjabat sebagai Menko Perekonomian pemerintahan SBY. Salah satu contoh disiplin anggaran adalah prioritas penghapusan berbagai subsidi. Terlalu panjang daftar pilihan kebijakan yang didasari oleh paradigma ekonomi yang telah lama melekat pada Boediono. Jelas bahwa dipilihnya Boediono semakin menegaskan bahwa SBY memilih untuk melanjutkan liberalisasi dan terus mengurangi peran pemerintah.

Bagaimana sesungguhnya paket kebijakan ekonomi neoliberal yang akan diterapkan Boediono nantinya ?

Paket ekonomi neoliberal untuk negara berkembang, yang dikenal dengan Konsensus Washington dirancang pada pertemuan IMF, Bank Dunia dan US Treasury pada tahun 1989. Secara garis besar kebijakan ekonomi neoliberal memiliki agenda yang sangat mudah diidentifikasi, yang meliputi: pertama, stabilitas makro dan disiplin anggaran dengan memprioritaskan pemangkasan berbagai subsidi; kedua, liberalisasi perdagangan, industri dan investasi serta; ketiga, privatisasi.

Dengan mendasarkan pada ciri-ciri tersebut di atas, terbukti rekam jejak Boediono sejalan ekonomi neoliberal. Saat menjabat Menteri Keuangan era Megawati, Boediono hanya memprioritaskan pada stabilitas makro dengan menghilangkan hambatan masuk dan suku bunga tinggi agar menarik dana asing. Stabilitas makro memang terjadi, tetapi tidak menggerakkan sektor riil sehingga harus dibayar dengan tingkat pengangguran yang tinggi. Boediono juga melakukan agenda privatisasi berbagai BUMN strategis serta membuat berbagai undang-undang liberal yang tidak memprioritaskan pada kepentingan nasional seperti UU Migas, UU Kelistrikan serta UU Air.

Memang liberalisasi tersebut bukan merupakan hasil kerja Boediono sendiri, tetapi paradigma neoliberal Boediono telah menjamin liberalisasi terus berlanjut. Terbukti saat Boediono menjabat Menko Perekonomian era SBY, liberalisasi perdagangan dan investasi semakin kencang seperti: pembebasan ekspor rotan, liberalisasi sektor ritel dan lain-lain, termasuk disusunnya UU Penanaman Modal.

Demikian juga disiplin anggaran, yang berarti penghapusan subsidi, terus dilanjutkan lewat terbitnya UU Badan Hukum Pendidikan dan kenaikan harga BBM hingga berkali-kali. Meskupin harga BBM kemudian diturunkan mengikuti harga minyak mentah dunia, bukan karena dikembalikannya subsidi BBM utuk rakyat.

Apakah selama ini Boediono memang dikenal sebagai antek IMF dan World Bank ?

Boediono memang pendukung utang sehingga mengusulkan perpanjangan kontrak dengan IMF lewat Post Program Monitoring. Padahal SU MPR menetapkan untuk mengakhiri kontrak dengan IMF tahun 2003. Bukti lainnya, penawaran moratorium pun ditolak. Padahal utang penuh dengan persyaratan yang menggadaikan kedaulatan ekonomi lewat pemaksaan berbagai UU yang liberal. Tidak mengherankan dalam empat tahun era SBY, utang membengkak lebih dari Rp 400 triliun.

Mengapa mayoritas rakyat menolak Boediono sebagai pendamping SBY ?

Pernyataan SBY bahwa masyarakat tidak faham tentang neoliberal adalah tidak benar. Mungkin istilah neoliberal masih asing bagi masyarakat awam, tetapi they do understand bahwa Indonesia tidak akan bangkit bila mempertahankan garis ekonomi saat ini. Para analis juga do understand tentang agenda neoliberal dan dampak negatifnya bagi ekonomi Indonesia. Penolakan masyarakat terhadap Boediono adalah penolakan terhadap ekonomi neoliberal. Tiga pilar neoliberal, yaitu stabilitas makro, agenda liberalisasi, dan agenda privatisasi, yang dicetuskan dalam Washington Consensus menjiwai berbagai tindakan Boediono selama ini.

Seorang penganut neoliberal tak akan meninggalkannya sedikit pun. Dalam pilar pertama, seorang neoliberal akan membuat kebijakan hanya demi stabilitas makro. Berbagai pernyataan SBY selama ini menunjukkan ciri itu. Pilihan kebijakannya pun demikian. Mazhab ini mengharuskan pengambilan kebijakan pengurangan atau pemotongan subsidi. Maka tidaklah salah jika dalam pidato, SBY mengatakan akan menekan inflasi dan ukuran stabilitas makro. Itu hanya akan menguntungkan kelompok kapitalis.

Belum lagi agenda liberalisasi dan privatisasi yang dilakukan oleh Boediono ketika menjabat sebagai Menkeu dalam masa pemerintahan Megawati dan Menko Ekuin dalam pemerintahan SBY. Misalnya, dalam penyusunan UU Migas. Pemerintahan SBY juga marak melakukan privatisasi. Bahkan, saat ini 40 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah didata untuk diprivatisasi, antara lain PT Krakatau Steel dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Memang Boediono seorang ekonom neoliberal tulen ?

Semua itu harus dilihat dari track recordnya. Sebab kalau hanya pengakuan seseorang neoliberal atau bukan, tidak dapat dijadikan dasar mengatakannya sebagai neoliberal atau bukan. Kalau dilihat dari track recordnya selama ini sejak menjadi Menkeu di era Megawati, Boediono jelas seorang neoliberal tulen.

Terbukti SU MPR 2003 mengamanatkan agar Indonesia menghentikan kontrak dengan IMF, tetapi dengan sengaja Boediono malah mengganti LoI dengan Post Program Monitoring (PPM). Boediono juga bertanggungjawab membuat liberalisasi, privatisasi dan pencabutan subsidi hingga sekarang, termasuk UU pro asing dan liberal seperti UU Penanaman Modal Asing di era SBY. Pada era Megawati, sebagai Menkeu Boediono menyetujui penjualan Indosat, UU Migas dan UU Kelistrikan. Bahkan di awal reformasi tahun 1998, Boediono menandatanggani BLBI yang sampai sekarang tidak pernah dibayar, padahal nilainya ratusan triliun rupiah. Boediono menjadi pengusung agenda neoliberal yang sama persis dengan agenda Washington Consencus.

Jadi Boediono menjadi salah satu arsitek kehancuran perekonomian Indonesia ?

Keterlibatan Boediono mulai dari BLBI yang kontroversial sampai sekarang dengan kebijakannya yang pro asing, memang dialah salah satu arsitek yang luar biasa. Siapapun presidennya, kebijakan ekonomi neoliberal akan tetap dipertahankan Boediono.

Apakah dipilihnya Boediono oleh SBY sebagai akibat tekanan asing ?

Pemilihan Boediono sebenarnya sebuah penegasan dari SBY kalau dirinya pendukung kuat neoliberal. Kalau semula SBY masih malu-malu mengakui sebagai neoliberal karena partainya kecil, sekarang setelah PD menjadi besar SBY secara terang-terangan mengakui kalau dirinya pendukung neoliberal. SBY berani melakukan spekulasi tinggi untuk meyakinkan para kreditor dan kepentingan asing, tidak akan ada perubahan kebijakan ekonomi nasional, sehingga kreditor silahkan terus memberikan utang kepada Indoensia. Maka tidaklah mengherankan jika baru-baru ini ADB menjamin akan memberikan utang lagi kepada Indonesia. Kalau sebelumnnya ekonom neoliberal paling tinggi diangkat sebagai menteri atau menko, tetapi sekarang naik pangkatnya menjadi cawapres, dimana semuanya itu demi kepentingan asing.

Mengapa selama ini pemerintah Indonesia termasuk SBY selalu tunduk pada kepentingan asing ?
Ini masalah paradigma, karena kepentingan asing akan berusaha menjamin agar tim ekonomi SBY menjadi kepanjangan tangan kepentingan asing. Menteri perekonomian harus selalu sejalan dengan IMF dan World Bank. Selama kelompok pro IMF dan World Bank yang memegang perekonomian, tidak akan mungkin ada perubahan kebijakan perekonomian Indonesia.

Apakah pemilihan Boediono sebagai cawapres SBY akan sangat berbahaya bagi masa depan perekonomian Indonesia ?

Jika Indonesia ingin mengkoreksi ekonominya dan pembangunan ekonomi menuju kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia bukannya menimbulkan kesenjangan, kemiskinan dan ketergantungan, maka harus dipilih pasangan capres dan cawapres yang tidak membawa agenda neoliberal.

Dengan hutang luar negeri mencapai Rp 1667 triliun, apakah mungkin dilakukan moratorium utang seperti yang ditempuh Argentina dan negara Amerika Latin lainnya ?

Sangat mungkin ! Moratorium adalah penghentian utang. Tidak hanya penghentian untuk membuat utang baru, tetapi juga diusahakan pengurangan stok utang yang jumlahnya sudah sedemikian besarnya dan bisa dilakukan dengan cara konversi utang, penghentian pembayaran utang sementara, atau penghapusan utang. PBB sendiri sudah memberikan peluang bagi negara-negara pengutang untuk mengajukan penghapusan utang-utang yang tidak legitimate, sehingga penghapusan utang sangatlah mungkin.

Jadi yang harus dilakukan rakyat Indonesia adalah memilih pemimpin yang tidak pro terhadap penciptaan utang baru, tetapi yang menganggap beban utang harus segera dikurangi. Setelah kita memilih pemimpin yang tepat, harus segera diusahakan untuk melobi kreditor untuk konversi atau moratorium utang dengan cara menyusun proposal mengenai jumlah orang miskin di Indonesia. Kalau utang tidak dihentikan dan beban pembayaran utang dalam APBN tidak dikurangi, maka tidak akan dapat menyelesaikan dua masalah besar tersebut.

Apakah ekonomi neoliberal bertentangan dengan pasal 33 UUD 1945 ?

Jelas bertentangan ! Pada pasal 33 ayat 1 disebutkan perekonomian harus dilakukan secara bersama. Berarti setiap rakyat Indonesia harus mendapatkan kesempatan untuk ikut menciptakan kue ekonomi. Seluruh rakyat Indonesia harus berkesempatan menikmati kue ekonomi. Jadi tidak ada konsentrasi kue ekonomi hanya pada sekelompok orang seperti pada kebijakan neoliberal yang kapitalis sekarang ini.

Sedangkan ayat 2 dan 3 menyatakan bumi, air dan berbagai barang tambang di dalamnya harus dikuasai negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Artinya tidak ada liberalisasi di sektor Migas, dimana tambang gas dikuasai asing. Jadi kalau dikatakan para pengusung ekonomi neoliberal sesuai dengan konstitusi, jelas sangat berbeda.

Mengapa pendidikan di FE PT di Indonesia selalu mengajarkan ekonomi liberalistik dan kapitalistik. Bagaimana agar para alumninya tidak berpola fikir ekonom neoliberal kapitalis ?

Memang sangat sedikit ekonom yang tidak menyetujui neoliberal. Kalau sekarang berbicara ekonomi neoliberal secara luas, karena terkait dengan pilpres. Saya dan Tim Indonesia Bangkit sejak 1990-an sudah mengangkat isyu ini. Sedangkan di Amerika Latin, sejak 1970-an sudah merasakan kerusakan ekonomi akibat kebijakan ekonomi neoliberal. Maka kesadaran itu tidak hanya pada segelintir elite seperti di Indonesia, tetapi sudah menjadi kesadaran masyarakat disana. Maka tidaklah mengherankan jika muncul Hugo Chaves di Venezuela dan Evo Morales di Bolivia serta para pemimpin Amerika Latin lainnya. Karena masyarakat menganggap inilah para pemimpin yang mampu merubah kebijakan ekonomi. Sedangkan di Indonesia baru segelintir orang dan masyarakat mulai terbuka, ternyata ada sesuatu yang salah.

Kalau sistim ekonomi neoliberal ternyata menimbulkan kerusakan luas di Indonesia, maka menurut anda sebaiknya negara ini dikelola dengan sistim ekonomi yang bagaimana ?

Selama ini tidak banyak orang yang tahu, sebenarnya ada ekonomi Islam yang mengatur kesemuanya.Untuk sampai pada pemikiran itu, jangankan sampai pada pemikiran ekonomi Islam, untuk mengatakan bahwa sistim ekonomi sekarang salah, sangatlah sulit. Menurut saya masih panjang jalan untuk membawa kepada tatanan ekonomi Islam. Untuk membawa kembali kepada konstitusi yang beberapa pointnya sejalan dengan ekonomi Islam saja masih mendapat penolakan sangat besar. Sebab kita sudah puluhan mengatur ekonomi secara liberal.

Kita yakin ada tatanan ekonomi yang jauh lebih baik dari segala tatanan ekonomi manapun yang selama ini kita kenal, yakni ekonomi Islam. Tidak ada pilihan lain perekonomian Indonesia harus dikelola secara ekonomi Islam, meski jalan untuk menuju kesana masih sangat panjang.(Lim)

Selasa, Juni 09, 2009

KH. Abd. Rasyid Abdullah Syafii : Sistem Ekonomi Riba Pasti Musnah

Suara Islam edisi 68.

Firman Allah SWT:

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat) sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang Telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), Maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa. (QS. Al Baqarah 275-276).

Tafsir ayat riba

Muhammad Ali As shabuni dalam Tafsir Ayatul Ahkam mengatakan bahwa maksud “makan” pada ayat di atas adalah mengambil dan membelanjakannya. Digunakannya kata makan di sini mengingat maksud utama mengambil dan membelanjakan riba adalah untuk dimakan. Sebab makan adalah memenuhi kebutuhan pokok. Membelanjakan untuk keperluan lain adalah memenuhi kebutuhan sekunder. Selain itu kata “makan” ini sering dipakai dengan arti mempergunakan harta orang lain dengan cara yang tidak benar.

Para pemakan riba dalam ayat di atas dipersamakan dengan orang-orang yang kesurupan merupakan ungkapan yang halus sekali. Yakni, Allah SWT memasukkan riba ke dalam perut mereka itu sehingga memberatkan mereka. Hingga mereka sempoyongan, jatuh bangun. Itu akan menjadi tanda mereka nanti di hari kiamat sehingga semua orang mengenalinya.

Para memakan riba itu keterlaluan di dalam menganggap riba sama dengan jual beli yang halal, yakni mereka menghalalkan riba seperti jual beli padahal Allah SWT menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

Allah SWT akan memusnahkan riba dan menumbuhkan shadaqah atau zakat. Para pemakan riba mencari keuntungan dengan muamalah riba. Sedangkan para penolak bayar zakat hendak mencari keuntungan dengan menolak membayar zakat yang telah disyariatkan Allah SWT agar diambil dari sebagian harta orang muslim untuk disucikan. Allah SWT justru menerangkan bahwa riba itu menyebabkan kurangnya harta dan menjadi sebab tidak berkembangnya harta. Sedangkan zakat adalah penyebab tumbuhnya harta dan bukan penyebab berkurangnya harta.

Hukum Riba

Dalam ayat di atas jelas haramnya riba. Allah SWT berfirman:

“Orang yang kembali (mengambil riba), Maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya”.

Keharaman riba itu ditegaskan kembali oleh Allah SWT dalam firman-Nya:

278. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.

279. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), Maka Ketahuilah, bahwa Allah dan rasul-Nya akan memerangimu. dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), Maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya. (QS. Al Baqarah 278-279).

Riba dengan segala macamnya diharamkan berdasarkan nas-nas yang tegas di atas, Sedikit ataupun banyak hukumnya sama. Tepat sekali apa yang difirmankan Allah: “Allah menghapuskan riba dan menumbuhkan zakat, dan Allah tidak suka setiap orang yang tetap dalam kekufuran dan banyak berbuat dosa”.

Riba yang diharamkan oleh Islam itu ada dua macam: riba nasiah dan riba fadhl. Riba nasiah adalah seorang menghutangi uang dalam jumlah tertentu kepada seseorang dengan batas tertentu, misalnya sebulan atau setahun, dengan syarat berbunga sebagai imbalan batas waktu yang diberikan itu.

Ibnu Jarir berkata: Di zaman jahiliyah biasa terjadi seseorang meminjami uang kepada orang lain untuk waktu tertentu. Kemudian apabila batas waktu yang diberikan itu sudah habis, ia minta uang tersebut untuk dikembalikan. Lalu orang yang berhutang tadi mengatakan kepada yang memberi hutang : Berilah aku waktu dengan uangmu itu akan kubayar lebih. Lalu keduanya sepakat untuk melaksanakan. Itulah riba yang berlipat ganda. Kemudian mereka masuk Islam dan dilarangnya praktek seperti itu”.

Riba semacam inilah yang kini berlaku di bank-bank dimana mereka mengambil keuntungan tertentu, sebesar sekian persen-sekian persen.

Riba fadhl adalah manakala seseorang menukarkan barangnya dengan barang sejenis dengan suatu tambahan. Misalnya gandum 1 kg dengan gandum 2 kg. Dalam sebuah hadits Rasulullah saw. bersabda:

“Emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, beras dengan beras, kurma dengan kurma, garam dengan garam, harus ditukar dengan setara dan kontan. Siapa saja yang menambah atau minta tambah berarti telah berbuat riba. Yang menerima dan memberi adalah sama” (HR. Muslim).

Dalam hadits lain dikatakan: “Tetapi kalau jenis-jenis itu berbeda maka juallah/tukarlah sesukamu, asal secara kontan” (HR. Muslim).

Riba fadhl ini kini terjadi pada bursa-bursa barang (future trading) maupun bursa-bursa uang.

Bahaya system riba

Apapun jenisnya, riba dilaknat oleh Allah dan Rasul-Nya. Diriwayatkan bahwa sahabat Jabir r.a. berkata:

“Rasulullah saw. melaknat orang yang makan riba, yang memberi makan riba dengan harta riba, penulis riba, dan saksi riba—dan dia bersabda—semuanya sama”.

Dan perbankan ribawi inilah yang kini mengendalikan system perekonomian dunia. Bahkan bank-bank sentral di berbagai negara pun kini tidaklah di bawa kendali kepala negara, tetapi justru di bawah kendali IMF dan Bank Dunia yang merupakan alat dari para rentenir kelas dunia.

Di samping itu system perekonomian dunia dikendalikan dengan on line-nya system bursa di seluruh dunia dan berbagai perundangan yang meliberalkan system keuangan dan modal yang kerap menimbulkan krisis keuangan dan sangat rentan dengan pelarian modal (capital flight). Sistem pasar saham dan pasar uang yang merupakan riba (riba fadhl) inilah yang telah menjatuhkan bursa saham dan bank-bank pada tahun 1930-an (great depression) sehingga menjadi krisis global selama 10 tahun yang menyebabkan terjadinya perang dunia kedua (1939). Dan inilah yang terjadi pada krisis global hari ini di mana bank-bank dan perusahan skuritas di AS berjatuhan.

Kesimpulan

Sistem perekonomian ribawi yang dilaknat Allah adalah system yang menguntungkan segelintir konglomerat dan para bankir namun menyengsarakan mayoritas penduduk dunia. Sistem ekonomi tersebut secara siklik akan mengalami krisis karena hakikat dari system ribawi adalah tidak mendorong pertumbuhan harta tapi sekedar pertumbuhan modal yang itu lebih merupakan permainan angka-angka karena mayoritas system ekonomi ribawi itu adalah sector non riil. Lebih dari itu, system tersebut adalah system yang diharamkan dan dilaknat oleh Allah SWT sehingga tidak ada keberkahan di dalamnya. Wallahua’lam!

Kamis, Juni 04, 2009

KH. Muhammad Al Khaththath : PIAGAM UMAT ISLAM

Harapan umat untuk mendapatkan capres pro syariah yang seharusnya diusung oleh koalisi partai-partai Islam telah pupus. Sebab partai-partai Islam, sekalipun banyak ditentang oleh para kader maupun konstituennya, telah memutuskan untuk berkoalisi dengan SBY yang mengangkat Boediono sebagai cawapres. SBY memandang sebelah mata keberadaan cawapres dari partai-partai Islam yang total suaranya lebih besar dari Partai Demokrat milik SBY. Oleh karena itu, dalam pilpres kali ini umat Islam tampaknya sulit berharap.
Namun, sebagai pemandu perjalanan umat, para ulama, habaib, dan pimpinan organisasi massa Islam yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) telah merumuskan suatu piagam perjuangan untuk mewujudkan tatanan negara dan bangsa muslim terbesar ini agar lebih terarah menuju masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT sehingga mendapatkan janji Allah, yakni keberkahan dari langit dan bumi (lihat QS. Al A’raf 96). Setelah menampung berbagai masukan dan usulan dari berbagai tokoh yang berembug di rumah sesepuh FUI, KH. Abdul Rasyid Abdullah Syafi’I dan bahan dari Masyarakat Peduli Syariah (MPS) yang dipimpin H.Bambang Setyo, maka tersusunlah draft pigam sebagai berikut:

Bismillahirrahmanirrahim

Dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai negara baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur melalui Kepemimpinan Negara yang beriman, bertaqwa dan senantiasa memegang amanah, pada hari ini… tanggal…bulan… tahun 1430 H (Seribu empat ratus tiga puluh Hijriah), bertepatan dengan tanggal… bulan…tahun 2009 M (dua ribu sembilan Masehi), kami yang bertanda tangan di bawah ini bersepakat dan bertekad untuk mewujudkan secara bersama-sama:

1. Menjaga aqidah ummat, dengan memberantas berbagai aliran sesat dan menyesatkan, seperti organisasi Ahmadiyah; menanggulangi penyebaran pemikiran yang menyimpang seperti sekularisme, pluralisme dan liberalisme; serta berbagai tindakan yang menista agama.

2. Memperjuangkan penerapan syariah dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara secara konstitusional dalam berbagai bentuk; mempertahankan perda-perda syariah yang sudah diberlakukan; serta mendukung lahirnya perda-perda syariah di berbagai daerah.

3. Membangun sistem ekonomi syariah; menghentikan sistem kontrak karya pertambangan; nasionalisasi aset-aset strategis; menghentikan privatisasi BUMN; mengembangkan industri strategis; mengembalikan pengelolaan sumber daya alam kepada perusahaan-perusahaan umum milik negara; serta menggerakkan sektor riil sebagai basis perekonomian.

4. Memperjuangkan peningkatan kesejahteraan ummat; membangun sistem kesehatan gratis bagi seluruh rakyat; membangun sistem pendidikan berbasis iman dan taqwa; mengalokasikan anggaran pendidikan secara penuh dan mewujudkan pendidikan gratis bagi rakyat; serta memajukan sekolah-sekolah Islam baik negeri maupun swasta.

5. Menentang intervensi asing dalam politik, ekonomi dan berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia; membersihkan pemerintahan Indonesia dari kaki tangan imperialis; serta menolak pendirian pangkalan militer negara asing di wilayah Indonesia.

Demikian kesepakatan kami. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi kesepakatan ini....

Piagam tersebut bila tidak ada halangan insyaallah akan ditandatangani oleh para ulama/habaib/pimpinan organisasi Islam. Sudah sekitar 100 orang tokoh yang siap menandatangani. Rencananya akan ikut tanda tangan salah satu pasangan capres-cawapres yang sudah memberikan kode mau ikut dalam perjuangan mewujudkan kelima poin di atas.

Tentu saja dalam hal ini FUI akan menitipkan aspirasi perjuangan di atas kepada pasangan capres-cawapres yang ikut tanda-tangan manakala mereka terpilih menjadi presiden dan wakil presiden yang definitif melalui pilpres 8 Juli mendatang. Dan lima poin di atas memang merupakan poin-poin yang bila diperjuangkan terkategori dalam istilah ”al amru bil mak’ruf wan nahyu anil munkar” atau menyuruh perbuatan yang baik menurut ajaran Islam dan melarang perbuatan yang buruk menurut ajaran Islam.

Tentu saja melaksanakan ”al amru bil makruf wan nahyu anil munkar” akan lebih efektif bila dilakukan secara terorganisir oleh jamaah di antara kaum muslimin (lihat QS. Ali Imran 104), apalagi bila dilakukan oleh para penguasa muslim yang punya otoritas kekuasaan untuk memerintah dan melarang (lihat QS. Al Hajj 41).

Namun semua itu tidak mungkin terwujud tanpa kerja sama yang baik di antara tokoh-tokoh Islam, baik kalangan ulama maupun penguasa. Allah SWT berfirman:

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. At Taubah 71).

Oleh karena itu, semoga ”Piagam Umat” di atas menjadi tonggak sejarah bagi kebangkitan umat di negeri ini untuk menuju kejayaan Islam wal muslimin. Wallahul muwaffiq ila aqwamit thariiq!

Rabu, Juni 03, 2009

KH. Abdul Rasyid AS : "UMMAT TERBAIK"

UMMAT TERBAIK
KH. Abdul Rasyid AS, Pimpinan Perguruan As Syafiiyyah


Firman Allah:

“Kamu adalah ummat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah…” (QS. Ali Imran 110).

Firman Allah SWT di atas merupakan pernyataan dari Allah Swt bahwa umat Sayidina Muhammad Saw., yakni kaum muslimin, sebagai umat yang terbaik di antara umat manusia di muka bumi. Imam Qurtubi dalam tafsirnya mengutip sebuah hadits dari Bahz bin Hakim bahwa tatkala membaca ayat ini Rasulullah bersabda : “Kalian adalah penyempurna dari 70 umat, kalian yang terbaik di antara mereka dan termulia di sisi Allah” (HR. At Tirmidzi).

Menurut Imam Al Qurtubi dan Imam Ibnu Katsir, predikat tersebut sama dengan “ummatan wasathan” yang Allah sebut dengan firmanNya : “Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu” (QS. Al Baqarah 143).

Berkaitan dengan kondisi umat yang terpuruk saat ini, ada yang bertanya apakah predikat tersebut hanya untuk kaum muslimin terdahulu, yakni di masa shahabat, ataukah hingga hari kiamat?

Menurut Ibnu Abbas ra., sebagaimana dikutip Imam Qurtubi, kelompok orang yang berpredikat umat terbaik yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah orang-orang yang berhijrah dari Mekkah ke Madinah, yang ikut dalam perang Badar, dan ikut dalam perjanjian Hudaibiyah. Namun Umar bin Khaththab mengatakan siapa saja yang beramal seperti mereka, levelnya seperti mereka.

Imam Az Zamkahsyari dalam tafsirnya Al Kasysyaf Juz I/392 menyebutkan dikatakan bahwa dalam ilmu Allah kalian adalah ummat terbaik. Juga kata beliau bisa diartikan bahwa kalian disebut-sebut dikalangan umat-umat terdahulu sebagai khairu ummah.

Apakah yang terbaik di antara umat Islam ini, yang awal ataukan yang akhir? Imam Al Qurtubi dalam tafsirnya mengutip sebuah riwayat hadits, bahwa Rasulullah Saw : “Umatku bagaikan hujan, tak diketahui, yang lebih baik itu yang pertama ataukah yang terakhir” (HR. Abu Dawud At Thayalisi dan Abu Isa At Tirmidzi).

Artinya, kalau dulu sudah muncul umat yang terbaik, bukan tidak mungkin di masa mendatang akan muncul kembali.

Keunggulan Umat Terbaik
Keunggulan kaum muslimin yang menjadi umat terbaik ini di antara umat manusia disebut oleh Abu Hurairah ra., (lihat Al Qurtubi, idem) dalam ucapannya : “Kami adalah yang terbaik di antara manusia, kami mengarahkan mereka untuk menapaki jalan menuju kepada Islam”
Dan dengan cepatnya umat terbaik yang senantiasa membimbing umat manusia ke jalan Islam, mengemban dakwah ke seluruh penjuru dunia, membuka berbagai wilayah bagi kedaulatan Islam, serta mendapati umat manusia dari berbagai bangsa, bahasa, negara dan adat istiadat menerima Islam sebagai keyakinan dan aturan hukum buat kehidupan mereka.

Mereka mengarahkan pikiran manusia dengan cara yang argumentatif, logis sebagaimana diajarkan oleh Allah Swt agar senantiasa mengajak manusia berfikir dengan bukti-bukti yang nyata, yakni dakwah bil hikmah (QS. An Nahl 125). Apabila ada halangan fisik terhadap dakwah, mereka dengan gagah berani menyingkirkan halangan fisik itu dengan jihad fi sabilillah. Dan karena mereka adalah manusia unggulan, dalam perang pemikiran maupun perang fisik pun mereka senantiasa unggul..

Allah Swt menjamin kualitas unggulan mereka dalam firmanNya :”Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin itu untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang (yang sabar) di antaramu, mereka dapat mengalahkan seribu dari pada orang-orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tak mengerti” (QS. Al Anfal 65).

Jelaslah bahwa kualitas umat terbaik itu dibandingkan dengan rang-orang kafir, atau umat-umat lain, adalah 1 orang muslim mampu mengalahkan 10 orang kafir. Itu dalam kondisi prima, dalam kondisi kaum muslimin ada kelemahan, Allah Swt masih memberikan garansi bahwa kaum muslimin akan sanggup mengalahkan kekuatan orang kafir yang jumlahnya dua kali lipat kekuatan mereka (QS. Al Anfaal 66). Sejarah mencatat bahwa di masa Khalifah Umar bin al Khaththab tentara kaum musilmin menaklukkan adidaya Rumawi dan Persia.
Syarat Umat Terbaik
Mujahid, sebagaimana dikutip Imam Al Qurtubi, mengatakan bahwa keunggulan umat Islam itu dengan syarat memenuhi sifat-sifat yang disebut dalam ayat itu. Ada tiga sifat yang dimiliki oleh ummat pengemban risalah Muhammad SAW ini yang menyertai predikat anugerah Allah SWT sebagai ummat yang terbaik, yakni : “Menyuruh kepada yang yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar dan Beriman kepada Allah SWT.
Itulah tiga sifat yang menjadi unsur-unsur kebaikan umat Rasulullah SAW. Perlu dipahami, bahwa iman kepada Allah SWT tentu harus ada terlebih dahulu sebelum amar ma’ruf nahi mungkar. Demikian pula iman kepada risalah Islam. Sebab aktivitas amar ma’ruf nahi mungkar tidak ditentukan oleh tradisi masyarakat, melainkan oleh syari’at yang diturunkan oleh Allah SWT.
Menurut Imam Az Zamaksyari (idem), penyebutan iman kepada Allah SWT dalam ayat ini berarti termasuk juga iman kepada segala yang diwajibkan oleh iman kepada Allah SWT, seperti iman kepada rasul-Nya, kitab-Nya, hari kebangkitan, hari perhitungan, pahala dan siksa dll. Menurutnya, jika tidak disertai iman kepada itu semua belum terhitung sebagai iman kepada Allah SWT. (lihat QS. An Nisa 150-151).

Dalam konteks kekinian, ketertarikan sebagian umat Islam kepada ideologi dan sistem hidup selain Islam, seperti sosialisme, komunisme, kapitalisme, sekulerisme dan lain-lain pandangan hidup yang bertentangan dengan Islam, bisa menjadikan mereka tergelincir dari keimanan kepada Allah Swt yang sebenarnya. Akibatnya, mereka tak bakal menemukan kehidupan yang bahagia dan sejahtera di bawah naungan Islam. Apalagi mendapatkan gelar umat terbaik.

Dalam mengulas ayat tersebut, Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya menyertakan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa Durrah binti Abi Lahab berkata : Bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW pada waktu beliau berpidato di mimbar : Siapakah orang yang terbaik yang Rasullah? Rasululah SAW menjawab :
“Manusia yang terbaik adalah manusia yang paling banyak membaca, paling bertaqwa kepada Allah SWT, paling giat melakukan amar ma’ruf nahi mngkar dan paling suka bersilaturahmi”.

Kesimpulan
Predikat umat terbaik akan bisa terwujud kembali pada umat ini manakala umat ini berhasil mewujudkan kondisi yang kondusif bagi terpenuhinya syarat-syarat umat terbaik, yakni secara pribadi maupun komunal, umat Islam mewujudkan keimanan mereka kepada Allah SWT dalam seluruh aspek kehidupan, dan secara mantap melaksanakan mekanisme controlnya, yakni senantiasa menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar. Dengan demikian perintah dan larangan Allah SWT alias halal-haram menjadi standar umum di masyarakat dalam rangka mengatur interaksi antar individu dan kelompok dalam masyarakat. Wallahua’lam!